Jumat, 27 Januari 2017

Memahami guru dan penghasilannya


Siapakah guru itu?, menurut saya pribadi guru adalah seseorang yang mengajarkan ilmunya kepada orang lain, yah sesimpel itu. Lalu apakah guru itu adalah suatu pekerjaan?, nah ini adalah suatu hal yang sangat membingungkan. Beberapa orang jelas langsung mengatakan “tidak”, tapi banyak juga yang masih meragukannya, kenapa?
Jaman dahulu jika ada orang yang ingin belajar suatu hal kalau dia tidak otodidak berarti harus mencari seorang guru yang bisa mengajarkan ilmunya, entah ilmu bercocok tanam, ilmu silat, ilmu agama, ilmu perdagangan dan ilmu-ilmu yang lain, dan pastinya guru yang dicari adalah orang yang berkompeten dibidangnya, belajar berdagang? Yah ke pasar, mencari seorang penjual yang baik hati hingga mau memberikan ilmunya, belajar silat? Yah mencari orang yang bisa silat.
Lalu, sejak kapan ada perkerjaan guru?, peradapan pasti sering kali berubah diindonesia ini, sampai dititik ada pendidikan yang disebut sekolah formal dan kertas berharga yang dinamakan ijazah. Orang yang mengajari murid-murid disekolah itu disebut memiliki pekerjaan sebagai guru, benarkah?, secara pengertian itu benar, karena melakukan kegiatan mengajar, tapi apakah benar itu pekerjaan? Disini kita bisa menyebutnya benar juga, karena guru disekolah formal seharusnya pasti dibayar, meski ada yang sangat sedikit didaerah pedalaman, tetaplah dibayar.
Nah ini yang akhirnya dapat menjawabnya, setelah pendidikan berkembang, lambat laun akan sangat sulit untuk mencari guru yang benar-benar ikhlas untuk memberikan ilmunya, karena mencari ilmunya menjadi seorang sarjana pendidikan sudah tidak murah lagi, kuliahnya mahal, bahkan jurusan-jurusan spesifik seperti pendidikan guru TK sampai SMA pun ada, kalau nanti pendidikan semua jenjang jadi mahal,tu memang sewajarnya, gurunya harus kuliah dulu lho yah, bayar pake uang lho kuliah itu.
Sementara saat ini gaji guru honorer sangat jauh dibandingkan UMR, taruhlah didaerah Gresik, bayaran karyawan tetap pabrik tahun 2016 adalah sekitar 3 juta perbulan, itu lulusan SLTA lho, sedangkan guru honorer yang lulusan S1 dibayar sekitar 500 ribu atau lebih perbulan, melihat berapa jam mereka mengajar. Guru yang PNS bagaimana? Menurut saya pekerjaan mereka sudah bukan guru, melainkan PNS atau abdi negara, dibayarnya sama negara. Lalu sekarang ada impasing dan sertifikasi untuk guru yang bukan PNS, berdasarkan pengabdian mereka akan diukur dengan lama mereka mengajar, kemudian diuangkan sesuai dengan golongan pendidikan mereka.
Lambat laun “pekerjaan” guru ini banyak peminatnya, dengan harapan mendapatkan menjadi PNS atau uang kesejateraan guru ini. Bahkan saya ingat ketika berada dipertemuan di Universitas Negeri Surabaya ada pemateri yang mengatakan “guru sudah tidak seperti yang dulu, sekarang gaji guru tidak bisa diremehkan”. Jadi mereka yang telah kuliah menjadi guru sedikit banyak pasti akan menuntut untuk balik modal, karena mereka tidak ikhlas menjadi guru, jadi  pendidikan mahal? Wajar, tapi orang tua memprotes guru? Wajar juga, karena mereka merasa membayar guru-guru disekolah tersebut dengan uang yang tidak sedikit.
Guru akan benar-benar menjadi pekerjaan, bukan lagi kebaikan menyalurkan ilmu, tapi menyalurkan ilmu karena dibayar. Namun disana masih banya guru yang benar-benar ikhlas mendidik, dan saya rasa mereka lah yang layak menjadi penerima kesejahteraan itu, apapun pendidikan mereka.
Jadi, apakah guru masih sama seperti yang dulu?

Rabu, 25 Januari 2017

cbr 150, gsx-r 150, atau R15

yes, ini pertamakalinya aku menulis tentang otomotif, aku sendiri mulai mengamati perkembangan otomotif sejak bekerja, lalu mulai ketertarikan terhadap otomotif, kalo ada yang penasaran kenapa aku mulai menulis tentang otomotif baca postingan yang ini : jeng jeng jeng

Dan apa yang kita bandingkan disini?
yaps, pasar paling gemuk dijajaran semua motor sport fairing, yaitu sport fairing 120 cc
apa aku punya salah satunya? jawabannya tidak hahahaha
jadi aku gak bisa ngasih reviewnya kekalian, kalau mau lihat reviewnya silahkan ke blognya bang Iwan(klik disini)
lalu apa yang akan saya sampaikan?
tentang persaingan mereka yang seru!!! hahaha
oke, yang pertama muncul adalah yamaha R15, tapi di tahun 2017 ini sudah facelift!
yamaha R15 versi 3 tahun 2017
yak Januari ini yamaha mengeluarkan sport fairing terbarunya, desainnya lebih sporty dan mata lebih sipit (mungkin lagi trend yah lampu sipit gini??), menurut deskripsinya sudah pake suspensi upside down cuy, yang dulunya cuman dimiliki para moge walaahh, aku demen nih, karena belum pernah ngerasain usd hehehe, ndeso yah?, sudah dibekali slippery clutch, opuoh iku?? slippery clutch adalah fitur untuk meminimalisasi engine brake saat down shifting atau menurunkan gigi, keren ora :D ? mesinnya gak sama kayak r15 kayak sebelumnya melainkan pakai mesin 155 VVA yang katanya tenaganya gak drop meski udah diputaran mesinnyang tinggi, semoga aja aku sempat mencobanya ahay!!!

berikutnya adalah honda cbr 150r

cbr150r tahun 2016
yak, keluar dari honda ditahun tahun sebelumnya desain cbr menjadi racy dan sporty, desain banyak menyudut dan mata sipit(yaah mata sipit lagi), cbr ini sudah memakan banyak pasar dari r15 versi lama, desain barunya yang menggoda membuat konsumen banyak yang memilihnya, pasar r15 menipis, sampai 2017 ini muncul yamaha r15 seperti yang dijelaskan sebelumnya, jadi persaingan seru seperti apa yang akan terjadi antara 2 pabrikan besar ini? pasti akan seru :D

kemudian yang patut diperhitungkan juga adalah suzuki gsx-r 150
gsx-r 150 tahun 2017
setelah terburuk karena terlalu terbuai dengan si ayago satria, suzuki mencoba bangkit dengan gsx-r 150 dan gsx-s 150. dan point kita sekarang untuk yang fairing, dengan desain sporty tapi tidak dengan mata sipit( yah!!! tidak dengan mata sipit seperti kompetitornya) dan single headlamp, serta fitur keyless, weleh weleh, pake keyless! yak sekarang fitur keyless menjadi senjata kecil tapi mematikan dari suzuki, untuk mesinnya gak usah diragukan, karena kita tau kayak gimana mesin satria hehehe.

jelas persaingan 3 motor ini bakal seru, penjualannya menjadi PR bagi para salesnya, suzuki yang mencoba bangkit, yamaha yang mau merebut lagi kekuasaan nya, dan honda yang menjadi raja baru, seperti apa kelanjutannya?? aku juga gak sabar lek, kayak gimana pricing dari yamaha dan suzuki untuk menjatuhkan cbr150r yang sedang naik daun ini, hehehe, ini jelas untung bagi kita penggemar otomotif, jadi makin banyak pilihan heuheuheu. 


Rabu, 18 Januari 2017

Kemana saja aku pergi (jam kerja di Indonesia)

What what what
Jarang update?
Kenapa?  Kemana?
Beginilah nasib dr pekerja pabrik yang masuk long shift atau lembur
Sering kali dirumah cuma bisa buat tidur doang, 8 jam kerja sehari 5 hari dalam satu minggu,  well gak sebanyak itu,  tp padanyatanya lembur di negara kita kebanyakan merupakan paksaan,  dimana kita gak bisa milih lembur atau tidaknya,  dimana kalo yang long shift yah gitu terus sampai ada kebijakan baru dari perusahaan, 12 jam kerja dalam sehari? Saya sudah biasa hahaa. 

apa di Indonesia perlu diadakan peraturan kayak yg akan digagas di Italia ?
Peraturan dimana perusahaan hanya boleh memperkerjakan karyawannya tidak lebih dr 4 hari dalam seminggu,  artinya dengan melakukan seperti itu dapat membuka lowongan pekerjaan dari perusahaan yang sudah ada.
Pengangguran dapat ditekan, angka kejahatan menurun, orang sakit karena kecapek an pun berkurang,  bagaimana Indonesia? Bagai mana bapak2 menteri? Bagaimana bapak presiden?

Oh iya, untuk info dinegara mana aja jam kerja tersingkat dapat baca ling dibawah ini

Negara dengan jam kerja tersingkat didunia

Rabu, 04 Januari 2017

Teman sebotol

Lahir tak sama, cita2 yang sangat berbeda
Berhobi beda, dan bertemu hanya sesaat
Sesaat bersama,  namun sudah terasa
Rasa persahabatan yang sudah lama terjalin
Jalinan ini yang bisa membuat terbiasa
Biasa bersama karena ditakdirkan
Takdir siapa lagi yang tak dipercaya?
Percayalah ini akan selamanya

Senin, 02 Januari 2017

Mana suaramu pak bupati (jalan Sedayu-Bungah-Manyar Gresik)

Aaaaggghhhhhh!!!
Mungkin udah banyak yang teriak semacam itu. . 
Kenapa? Apa alasannya?
Yah inilah yang terjadi,  saya rasa tak perlu ada foto lagi,  silahkan aja di search di fb agau instagram
Nyari tentang apa? Tentang JALAN MANYAR BUNGAH GRESIK
yah,  aku tinggal di Gresik,  di bungah lebih tepatnya. . .
Jalan nya rata. . . Rata rusak
Lubangnya sudah gak manusiawi,  kecelakaan sampai ada yang meninggal,  sampai kapan?
Infrastruktur yang sangat aku sayangkan,  kenapa?
Ada dumtruk berkeliaran setiap waktu dengan status galian c yang udah pasti bawaannya melebihin kemampuan truk nya,  ash truk patah ber kali kali,  monggo sampean semua lihat aja,  hampir tiap hari ada kok,
Ada galian pipa yang tidak jelas fungsinya,  mungkin sudah pasti alasan ada pipa PGN yang gedenya segede gaban,  tanah disamping jalan raya digali dalam sekali,  mungkin ketika penvuburan pipanya tanahnya kurang atau gimana,  akhirnya pas musin hujan,  AMBLESSS PAK DE! Lha kan, siapa yang gak misuh2 udah samping jalan ambles,  jalan aspalnya otomatis pecah2 semua,  kena hujan plus dumtruk,  alhamdulillah jalanan AJUUURRRR!!!
Belom setahun jembatan2 disini bikin macet,  sekarang jalanan ini macet lagi karena hancurnya aspal2 ini,  siapa yang harus kami salahkan?  Orang2 sudah ber demo ria,  blom ada tindakan yang jelas dari pemerintah, kami gak peduli dengan siapa yang membenarkan,  entah dinas pekerjaan umum kabupaten atau profinsi atau negara,  kami gak gak peduli,  entah bupati gubernur atau presiden,  kami gak peduli,  TOLONG PERBAIKI JALAN INI!!
Yang saya tau dumtruk itu proyeknya bapak bupati(atau raja kali yah?) apa dia salah? Saya rasa bapak bupatilah yang paling bertanggung jawab atas hal ini,  otonomi daerah di negri ini apa juga harus saya salah kan?
SUDAH BANYAK YANG KECELAKAAN PAK!,  APA HARUS MENUNGGU BAPAK BAPAK PIMPINAN NEGERI INI YANG KECELAKAAN DISITU AGAR PERLU DIPERBAIKI?  ATAU ARTIS KONDANG JAKARTA YANG KECELAKAAN DISITU?
TERIMAKASIH BAPAK BUPATI ANDA TELAH MERUSAH JALAN KAMI

Pengikut